anandinta.permatachani10's blog

Just another weblog

Senang Dikemudian Hari

September14

Nama   : Anandinta Permatachani

NRP    : C24100090

Laskar : 12

Cerita yang akan saya bagikan ini mengenai diri saya pribadi, mungkin tidak terlalu bagus atau berbobot seperti yang lain tetapi mudah-mudahan bisa menjadi sebuah inspirasi bagi kalian semua.

Mari kita mulai cerita ini! kisah ini bermula ketika saya duduk di bangku satu sma, saya masuk di salah satu SMA favorit di Jawa Barat. Saat dinyatakan kalau saya bisa masuk  sma tersebut saya sangat bahagia sekaligus bangga dengan apa yang saya raih.

Seperti orang lain banyak katakan sma adalah masa-masa mencari jati diri kita masing-masing, masa transisi menjadi lebih dewasa, masa yang paling indah. Tetapi itu tidak berlaku bagi saya mungkin teman-teman saya juga sama seperti yang saya rasakan.

masa sma yang saya alami seperti “neraka”, awal-awal masuk sekolah kita langsung digebleng untuk menjadi murid yang rajin dan cerdas. Cara guru-guru mengajar juga berbeda dengan sma-sma yang lain. Disini kami hanya menerima materi sedikit, lalu kita yang mencari referensi untuk belajar sendiri. Murid murid disekolah saya semuanya orang-orang terpilih dari smp favorit dengan begitu kita harus bersaing di antara orang yang lebih pintar, lebih rajin, lebih cerdas dari kita. Keadaan yang seperti itulah yang akan memacu semangat kita untuk lebih semangat dalam belajar. Semangat!!

Liburan adalah kata-kata yang sangat indah bagi para pelajar. Liburan yang saya alami berbeda dengan yang lain khususnya saat liburan idul fitri saya pulang kampung dengan menbawa tugas !!! tugas itu bukaan hanya sekedar tugas biasa tapi tugas membuat makalah biologi, mengerjakan pr mtk 3-5 bab, pr merangkum sejarah dan PKn dan masih banyak lagi. Saya merasa iri dengan teman-teman saya yang mempunyai pr hanya 2 pelajaran atau tidak pr samasekali.

Ada kalanya sama mulai jenuh atau bosan dengan semua aktivitas saya di sekolah, apalagi saat kelas 3 sma mungkin itu adalah puncak dari kejenuhan saya. Sekolah saya mempunyai program yaitu pelajaran tambahan yang dimulai pada pukul 06.00 wib itu dilaksanakan saat semester 1. Saya sudah berangkat dari rumah jam 05.00 dan pulang sekitar jam 08.30 wib dikarenakan les. Semua itu hanya untuk mengejar cita-cita saya.

Masa-masa sma saya lebih banyak untuk mengerjakan tugas-tugas hingga larut malam yang hanya ditemani oleh buku-buku tebal. Begitu juga dalam hal penampilan, menurut orang yang  tidak ada sangkutpaut dengan sekolah saya berkata, kalau sekolah saya anak-anaknya rapi-rapi dan sopan apalagi jika sedang membawa tas seperti membawa karung beras yang beratnya 2 kilogram belom lagi ditambah dengan buku yang kita pegang.

Orang-orang berpikir kalau sekolah kami kurang bergaul dan terkadang hal itu benar kadang-kadang saking sibuknya mengerjakan tugas kita lupa dengan dunia luar berita-berita yang menjadi hot news pun tidak tau menau. Sehabis pulang sekolah teman-teman saya termasuk juga saya tidak langsung pulang bukan untuk pergi ke mall atau pergi ke coffeshop melainkan pergi ketempat dimana orang menimba ilmu selain di sekolah yaitu tempat les!

Tetapi semua itu berdampak pada apa yang saya dan teman-teman saya dapat saat ini. Alhamdulillah hampir semuanya dari angkatan kami dapat  PTN favorit di Indonesia. Ternyata semua usaha yang kita lakukan mungkin tanpa disadari kita telah mencuri start dari sekolah-sekolah lain semenjak dari kelas 1 sma.

Kita digembleng dengan metode seperti di universitas supaya kita tidak kaget dengan sistem kuliah dengan mendapat pr yang segunung atau hanya dikasih sedikit materi dan mencari referensi sendiri. Itu semua hanya untuk masa depan kita, masa depan yang cerah untuk hidup kita kelak.

Jadi inti dari cerita ini lebih baik kita merasakan pahitnya dulu toh suatu saat kita akan bisa mengecap rasa manis itu. Kalau kata pepatah “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Semua itu akan tidak akan terwujud tanpa adanya kerja keras, semangat, dan berdoa kepada Tuhan YME.

Rahasia Kehidupan

September14

Nama   : Anandinta Permatachani

NRP    : C24100090

Laskar : 12

Mungkin teman-teman sudah pernah mendengar kisah tentang orang-orang kecil yang berubah jadi orang-orang yang hebat? Mungkin Thomas Alva Edison yang tuli tapi bisa menemukan bola lampu atau Stephen Hawking yang menderita ALS yang membuat fisiknya menjadi cacat parah tapi disisi lain dia berhasil menemukan teori kosmologi dan blackhole. Mungkin masih ada diantara kita yang beranggapan seperti ini

“ah, dia mah emang pinter dari sononya gitu, w gak mungkin deh kayak mereka…”

nah bagi teman-teman yang kurang setuju dengan statement saya diatas, Alhamdullilah, selamat teman-teman kalian udah punya paradigma yang benar, nah buat yang belum dan baru akan, lewat cerita teman saya ini, saya ingin mencoba membuat kalian sadar kalau kalian tuh sebernarnya HEBAT dan BISA!

Alkisah waktu tahun kemarin fatmah naik kelas 3, fatmah masih menyimpan cita-cita untuk menjadi seorang insinyur atau akuntan, tapi karena dorongan ibunya dan eyangnya yang sedang stroke, fatmah mulai tersentuh untuk menjadi seorang dokter…

Waktu itu ia melihat sepertinya profesi dokter bakalan cocok buat dijadiin ladang amal, bisa membantu masyarakat, bisa menjadi relawan, bisa menjaga kesehatan keluarga dan orang-orang terdekat… and the show began! Fatmah mengubah haluan cita-citanya menjadi seorang dokter.

Tapi ternyata teman-teman, perjalanan untuk mewujudkan cita-cita itu tidak ada yang gampang..bukan cita-cita namanya kalau kita bisa ngedapetin itu dengan mudah, iya ngga? dan sakit demi sakit pun mulai Fatmah alami …

Fatmah DITOLAK enam kali di Falkutas Kedokteran! jumlah yang udah cukup banyak sih emang buat ngebuat seseorang mikirin lagi cita-citanya buat jadi dokter di PTN di Indonesia, secara jumlah PTNnya aja nggak banyak dan yang mau jadi dokter BANYAK BANGETT!

Ayo kita sebut satu-satu Falkutas Kedokteran yang sudah menolak Fatmah :

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, lewat jalur PMDK
  2. Universitas Gajah Mada (UGM) Jogja, lewat jalur PBUB

Ini yang paling ‘nyelekit’ buat Fatmah, karena sebenernya UGM adalah cita-citanya dari jaman bocah, tapi boleh dibilang kegagalan ini juga yang paling menyadarkan Fatmah arti kerja keras, karena setelah ini semangat belajar Fatmah buat menaklukan FK semakin membara!

  1. Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
  2. Universitas Gajah Mada (UGM) Jogja, lewat jalur UTUL
  3. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) Purwokerto
  4. Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung

Meskipun ditolak Fatmah senang karena at least dia telah mencobanya, and that`s it kita nggak akan pernah tau kalau kita belom nyoba kan?

Waktu itu Fatmah inget banget kegagalan yang berlarut-larut itu sempet bikin dia ngedown. Saat-saat itulah yang mengajarkan Fatmah langsung arti dari kerja keras, ketekunan, kesabaran, kepantangmenyerahan, dan juga kepasrahan sama Allah.

Fatmah masih ingat banget waktu itu tanggal 7 mei 2010, Jum`at malam, om nya menelpon dan menanyakan “apa fatmah sudah dapet kuliah?” dan “gimana hasil tes-tesnya?”, fatmah hanya bisa menjawab “gagal semua”, lalu om nya bertanya lagi “apa ada lagi yang belom pengumuman?” lalu Fatmah menjawab “ada, SIMAK UI”

yap Seleksi Masuk Universitas Indonesia, dan fatmah inget banget waktu itu om nya bilang jangan berharap sama hasilnya, karena menurutnya dari semua tes-tes dan universitas yang ia coba, UI adalah yang paling tidak mungkin. Fatmah coba terima aja saran omnya dan tetep positive thinking sama masa depannya yang sudah disiapkan sama Allah.

Dan besoknya, tanggal 8 Mei 2010 adalah hari pengumuman SIMAK, pagi-pagi Fatmah sudah tau dari Fajar (kembarannya Fatmah) kalau Fajar dapat Manajemen UI. Alhamdullilah.. bangganya Fatmah punya kembaran seperti Fajar dan ia pun menangis. Ia sangat bangga dengan Fajar, tapi disisi lain, ia malu dengan dirinya sendiri, sama orang tuanya. Fajar yang cuma nyoba sekali tes langsung dapet, sementara fatmah? Fatmah sampai hafal gimana ekspresi kekecewaan ibunya setiap kali ia ditolak..

Waktu itu Fajar menawarkan Fatmah untuk melihat hasil SIMAKnya, tapi ia menolak, waktu itu seisi rumahnya lagi euforia Fajar keterima Manajemen UI, dan Fatmah nggak mau merusak kebahagian itu.. Fatmah pun mengambil air wudhu dan beranjak sholat dhuha, pas mau takbir …

“AAAAA…..” Fajar teriak, seisi rumah langsung kaget!

“FATMA KETERIMA DI FK UI !!!”

Hah?

Apa ini mimpi di siang bolong?

Begitulah ekspesi Fatmah saat mengetahui ia di terima di FK UI dan ia sempat linglung begit ia lihat sendiri pengumumannya ia langsung lemas.

Bagian yang menyentuh baginya adalah saat ibunya langsung pulang dari kantornya begitu ditelpon sama kakaknya. Sepulangnya dirumah, ibunya langsung menangis mengharu biru. “Ya Allah.. terima kasih karena akhirnya Kau berikan aku kesempatan untuk membuat orang tua ku bahagia..” itulah kata terima kasih yang Fatmah ucapkan.

Satu hal yang benar-benar pengen saya share ke temen-temen semua adalah mukjizat Allah emang nyata! Keajaiban dari kuasa Allah itu bener-bener nyata!

Dan temen-temen semuanya, saya yakin keajaiban itu akan menyentuh kalian sebentar lagi! Tetap semangat dalam hal apapun yang kalian perjuangkan, ikhlaskan niat demi Allah swt, focus pada proses karena hasil adalah prerogative dari Allah, SEMANGAT!!!!!

dan percayalah, anda tinggal selangkah lagi dari apa yang anda cita-citakan

coba-coba

September1

hahaha